Editor : Richa Dhakiya Wildani U. G. | Publisher : Amelia Tri Kartika

News Mandawangi – Dengan menyandang predikat sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional, MAN 2 Banyuwangi kembali menorehkan prestasi dengan launchingnya sebuah buku yang berjudul “Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika SMA” yang ditulis oleh salah satu guru MAN 2 Banyuwangi yaitu Bu Anisa Muthiatul Husnah, S,S. Dengan menyandang predikat sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional, MAN 2 Banyuwangi kembali menorehkan prestasi dengan launchingnya sebuah buku yang berjudul “Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika SMA” yang ditulis oleh salah satu guru MAN 2 Banyuwangi yaitu Bu Anisa Muthiatul Husnah, S,Si. dalam program GSMB atau Gerakan Sekolah Menulis Buku yang dipelopori oleh Nyalanesia.

Salah satu latar belakang yang menjadi alasan Bu Anisa menciptakan buku tersebut karena beliau termotivasi untuk memudahkan siswa memahami konsep-konsep matematika terutama konsep abstrak dan merubah mindset siswa bahwa matematika itu bukan mata pelajaran yang sulit apabila sudah mengetahui konsep dan polanya.

Baca juga : Ramadhan 1443 H, MAN 2 Banyuwangi Adakan Pondok Ramadhan

Buku tersebut berisi tentang aplikasi program komputer yang digunakan dalam media pembelajaran matematika, pengaplikasian program ini dalam materi-materi SMA yaitu menjabarkan materi dan menvisualisasikan materi menjadi sebuah grafik, kurva atau persamaan kuadrat.

Dengan karya yang telah berhasil beliau terbitkan ini, tentunya juga dengan usaha dan tekad yang pastinya tidak pernah luput dari kendala dalam penulisan. Menurut Bu Anisa sendiri kendala dalam proses penulisan buku ini yaitu keterbatasan waktu menulis. “Kesulitan ada terutama waktu, jadi waktu menulis hanya kurang lebih 2 bulan. Dimana waktu kita juga bukan hanya untuk menulis dan memiliki kesibukan yang lain. Sehingga salah satu manfaat deadline ya itu, dimana jika ada deadline kita lari mengejar deadline dan jadilah buku ini. Ya, agak ngoyo waktu itu tapi Alhamdulillah bisa jadi dan sesuai yang diharapkan”.

Harapan Bu Anisa dari buku ini bisa menjadikan sebagai batu loncatan yang dapat menambah semangat untuk menghasilkan karya-karya dengan teman yang lain dalam setiap tahun. Dan saat ini Bu Anisa sendiri dalam tahap penulisan buku yang kedua. Dan juga beliau berharap buku ini dapat bermanfaat bagi semua orang. “Semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan oleh anak-anak khususnya di MAN 2 Banyuwangi kemudian syukur jika bisa digunakan secara umum karena ini sudah ber ISBN yang berarti sudah nasional dimana semua orang bisa mengakses buku ini. Alhamdulillah jika buku ini bisa bermanfaat untuk orang lain.” Ujar Bu Anisa.

Andini Renita dan Nurevania Salza – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here