Editor : Richa Dhakiya Wildani U. G. | Publisher : Oktavianous Mularamadhan

News Mandawangi – MAN 2 Banyuwangi tak henti-hentinya menorehkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Minggu, 14 Maret 2022, dua siswa MAN 2 Banyuwangi berhasil menorehkan prestasi di bidang akademik. Anista Anna Humairoh dari Xl MIPA 4 berhasil memenangkan medali Honorable Mention pada Olimpiade Bahasa Indonesia. Sedangkan Iman Shodaqta Nuril Falah dari XI MIPA 4 berhasil memenangkan medali perak pada Olimpiade Kedokteran. Kedua olimpiade tersebut diselenggarakan oleh Ruangolim Nasional Olimpiad.

Ruangolim National Olympiad (RNO) menyelenggarakan kompetisi tersebut secara terbuka untuk jenjang SD,SMP, dan SMA/sederajat dengan berbagai macam kategori bidang yang dilombakan. Pendaftaran dimulai sejak 8 Februari 2022 sampai 11 Maret 2022 dengan biaya pendaftaran gratis. Pengerjaan kompetisi dilaksanakan pada Sabtu, 13 Maret 2022 dengan waktu pengerjaan yang berbeda dari setiap bidangnya. Tiap bidang memiliki bentuk soal yang berbeda, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, maupun pernyataan benar atau salah. Pengerjaan soal dilakukan secara online melalui media google form yang diberikan 30 menit sebelum lomba dimulai. Waktu pelaksanaan lomba dimulai dari jam 08.45 WIB sampai 16.30 WIB. Satu hari setelah pengerjaan kompetisi diadakan, tepatnya Minggu 14 Maret 2022 merupakan jadwal pengumuman para pemenang olimpiade yang kebetulan diumumkan secara online.

Kategori peraih penghargaan pada event RNO ini merupakan siswa/siswi yang menempati peringkat 1-100. Dimana peraih Medali Emas (Peringkat 1-5), Medali Perak (Peringkat 6-15), Medali Perunggu (16-30), dan Medali Honorable Mention (31-100).Bapak Lukman Hakim, S.Or. selaku wali kelas pun turut memberikan motivasi. “Ikuti apapun lombanya, jangan takut untuk mencoba. Manfaatkan peluang yang ada. Jangan melihat menang atau kalahnya. Yang terpenting, kalian punya pengalaman untuk berkompetisi.” Motivasi tersebut telah berhasil menggerakkan kedua anaknya tersebut, agar semangat mengikuti berbagai kompetisi termasuk kompetisi RNO.

Baca Juga : Sambut Bulan Ramadhan Dengan Prestasi yang Membanggakan

Anista Anna Humairoh mengaku mempersiapkan lomba ini selama 2 hari tanpa adanya bimbingan dari luar. Anista sangat bersyukur karena meskipun dengan waktu persiapan yang minim, ia berhasil memperoleh penghargaan Honorable Mention pada bidang Biologi. “Harapan saya pribadi, semoga saya lebih semangat, lebih giat lagi dalam belajar, dan lebih baik kedepannya. Untuk teman-teman Mandawangi, ayo ikuti apapun lomba yang kalian minati. Jangan menyia-nyiakan kesempatan, gunakan peluang ini untuk mengikuti lomba apapun yang kalian minati.”

“Alhamdulillah, saya sebenarnya tidak menyangka bisa sampai di titik ini. Padahal sebenarnya cuman iseng pengen ikut kompetisinya. Meskipun agak susah karna bidangnya kedokteran, tapi seru dan menantang. Pesanku buat teman-teman semuanya. Semoga kalian berani keluar dari zona nyaman dan memilih jalan kalian sendiri. Beranilah mencoba hal baru karna hal baru itu seru. Suatu saat nanti kalian akan mengerti apa manfaatnya. Ingat, penyesalan selalu datang di akhir.” Ungkap Iman Shodaqta peraih medali perak di bidang kedokteran.

Dita Fisabilillah dan Melinanda Putri – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here