Editor : Richa Dhakiya Wildani U. | Publisher : Amelia Tri Kartika

News Mandawangi – Salah satu siswa MAN 2 Banyuwangi berhasil meraih sebuah prestasi dari lomba Fotografi dalam Artdemic Festival 2022 yang diselenggarakan oleh Poltekkes Surakarta pada tanggal 16 Juni 2022 kemarin. Siswa tersebut bernama Muhammad Rifqi Ahzami ngdari kelas XI Agama 2. Ia berhasil memperoleh juara 2 dan berhasil membanggakan seluruh warga MAN 2 Banyuwangi.

Artdemic Festival 2022 sendiri merupakan sebuah kompetisi yang menyajikan berbagai bidang lomba, diantaranya Solo Vocal, Modern Dance, Poster, Fotografi, dan Video Pendek. Ke-lima lomba tersebut diikuti oleh Mahasiswa aktif D-III dan D-IV Poltekkes Kemenkes Surakarta (bukan mahasiswa tingkat akhir), pelajar SMA/Sederajat di seluruh Indonesia, dan Mahasiswa Aktif di seluruh Indonesia.

Poster AApresiasi untuk Muhammad Rifqi Ahzami by Faiva Puspa Sahara

Untuk lomba fotografi sendiri dimulai dengan registrasi yang dilakukan secara online pada tanggal 22 Mei – 7 Juni 2022. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba sekaligus pengumpulan karya secara online pada tanggal 7 Juni – 11 Juni 2022. Terakhir, yaitu pengumuman pemenang yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2022.

Rifqi mengaku bahwa dirinya tertarik untuk mengikuti lomba ini karena mengangkat tema berupa “Human Interest”, dimana tema tersebut merupakan tema favoritnya. Ia kemudian mengambil konsep memadukan nuansa khas pedesaan tempo dulu dengan teknologi zaman sekarang. Ia mengatakan bahwa foto yang ia ambil menceritakan tentang seorang nenek yang tengah melepas rindu dengan cucunya yang terpaut oleh jarak dengan video call disela-sela aktivitas memasaknya di pagi hari.

Foto yang diambil oleh Rifqi dan diikutkan di kompetisi Artdemic Festival

Rifqi juga mengaku bahwa pengambilan foto tersebut memakan waktu 1 hari dikarenakan jarak ke lokasi yang cukup jauh. Kemudian untuk editing, ia hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Ia juga menambahkan bahwasannya ia mulai belajar mengoperasikan kamera DSLR sekitar 10 bulan yang lalu, sedangkan untuk editing ia sudah mulai belajar dari 3 tahun yang lalu. Itulah mengapa sampai sekarang ia sangat mahir dan tertarik di dunia fotografi. Bahkan terkadang ia memposting hasil fotografi nya ke Instagram miliknya.

Baca juga : Mandawangi Raih Penghargaan di Lomba Ramadan Video Kreatif

“Saya merasa perjuangan saya impas dengan adanya kemenangan ini. Meskipun prosesnya memakan waktu yang cukup lama dan terkadang ada kendala teknis, saya sangat bersyukur saya bisa melewati itu semua dan bisa membawa pulang prestasi.” Begitulah kesan yang dirasakan oleh Rifqi ketika ia tahu kalau ia berhasil membawa prestasi membanggakan untuk Mandawangi. “Saya harap, dengan prestasi yang saya raih ini dapat memotivasi serta membangkitkan semangat teman-teman yang lain dalam menorehkan prestasi di bidang akademik maupun nonakademik” tambahnya.

Danang Febrian Zurizal – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here