Editor : Almaida Karisma Zuhura | Publisher : Oktavianous Mularamadhan

News Mandawangi – MAN 2 Banyuwangi mulai membuka pendaftaran untuk siswa siswi yang ingin bergabung pada Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM), dengan membuka Open Recruitmen untuk siswa siswi kelas 10 dan 11.

Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) merupakan elemen penting dalam dinamika sekolah, OSIM sebagai wadah pertama untuk siswa belajar berdemokrasi memiliki peran dalam membentuk mental menjadi pemimpin di masa depan.

Open Recruitmen OSIM telah dibuka sekitar satu bulan yang lalu, banyak siswa siswi yang tertarik dan minat untuk menjadi bagian dari organisasi ini. Mereka pun mendaftarkan dirinya serta mulai mempersiapkan diri untuk segala ketentuan, syarat, dan mempelajari hal yang akan diujikan saat nanti tes diadakan. Para calon peserta OSIM sangat semangat untuk mengikuti segala rangkaian tes tersebut. Dalam OSIM sendiri ada kementrian yang berbeda-beda, para calon peserta OSIM harus memilih dari salah satu kementerian yang ada, selain kementrian mereka juga bisa memilih peran sebagai PH ( Pengurus Harian). Dalam acara ini, timeline-nya cukup panjang. Mulai dari serangkaian tes dari keseluruhan pendaftar sampai diperkecil menjadi 3 pasang kandidat.

Setelah itu diuji kembali dengan kampanye, debat kandidat, hingga sampai di puncak acara yakni perebutan suara lewat Pemilu.

Poster Pemilihan Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIM Periode 2022/2023 by Osmandawangi

Acara kampanye pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM dilaksanakan pada (12/09) di gedung aula MAN 2 Banyuwangi. Terdapat 3 pasangan calon yang sebelumnya telah terpilih, di Paslon pertama ada Sania Nikmatul Azizah sebagai ketua dan Ahmad Dava Khoirur R. sebagai wakil ketua, di Paslon kedua ada Enrika Jasmine Putri sebagai ketua dan Dewangga Adi Putra sebagai wakil ketua, dan yang terakhir di Paslon ketiga ada Fieka Mahendry N. A. sebagai ketua dan Ana Lutfia Karimah sebagai wakil ketua. Acara kampanye berlangsung sangat meriah, tim sukses dari masing-masing paslon terlihat sangat bersemangat mendukung pasangan calon mereka. Terlihat juga Mereka membawa berbagai macam media untuk memeriahkan dukungan terbaik untuk pasangan calon masing-masing.

Dokumentasi Acara Kampanye Terbuka dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM by News Mandawangi

Di hari kedua (13/09), acara debat ketua dan wakil ketua osim periode 2022/2023 bertempat di gedung aula MAN 2 Banyuwangi. Acara debat calon ketua dan wakil ketua OSIM dipimpin oleh tim moderator, yakni Satria Eka Pratama bersama Noval Indra dan Bapak Lukman Hakim selaku pembina Osim.

Rangkaian acara dimulai dengan masuknya tim moderator, menyanyikan lagu Indonesia raya, sambutan-sambutan, kemudian dilanjut dengan masuknya para calon ketua dan wakil ketua OSIM. Masing-masing dari pasangan calon menyampaikan visi dan misi nya, serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para wakil kepala madrasah. Para pasangan calon nampak fasih dalam menyampaikan visi dan misi mereka, pelaksanaan debat pun juga berjalan lancar.

Di hari ketiga (15/09), acara pemilu ketua dan wakil ketua OSIM periode 2022/2023 yang dilakukan di gedung aula MAN 2 Banyuwangi yang menjadi puncak dari semua rangkaian acara. Dalam pemilihan ini, seluruh warga MAN 2 Banyuwangi berhak memilih, termasuk juga para bapak/ibu guru, staf, dan karyawan. Pemilu ini dilakukan secara bergantian per kelas, dimulai dari kelas 10 hingga kelas 12. Saat kelas dipanggil untuk melakukan pemilihan suara, maka bapak/ibu guru yang mengajar di kelas tersebut juga akan ikut memberikan suaranya. Saat kelas yang dipanggil sudah sampai di aula, maka siswa/i dan bapak/ibu guru mengantri terlebih dahulu untuk melakukan check in, siswa/i yang sudah melakukan check in duduk terlebih dahulu untuk mendengarkan peraturan saat melakukan pemilu. Saat peraturan sudah selesai dibacakan, mereka pun bisa mulai memilih suara terbaik pilihan mereka masing-masing. Siswa yang telah selesai memilih bisa check out dan melakukan sesi foto bersama satu kelas di tempat yang sudah disediakan.

Dokumentasi Acara Debat dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM by News Mandawangi

Pada Kamis (15/9) acara pemilu telah selesai dan langsung dilakukan perhitungan suara yang bertempat di Gedung Aula Man 2 banyuwangi. Pada saat acara perhitungan, di saksikan oleh Bapak Anshori selaku wakil kepala kesiswaan, Bapak Lukman Hakim selaku pembina OSIM, Bapak Agus Novel Mukholis selaku Wakil kepala pengembangan Kurikulum, dan perwakilan tim sukses dari semua pasangan calon. Dari hasil suara, pasangan calon nomorr urut 1 mendapat total suara sebanyak 417 suara, pasangan calon nomor urut 2 mendapat total suara sebanyak 243 suara, dan pasangan calon mendapat total suara sebanyak 511 suara.

Poster Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 2 Banyuwangi by Osmandawangi

erdasarkan jumlah suara sah, Paslon nomer 3 atas nama Fieka Mahendry N. A. dan Ana Lutfia Karimah ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 2 Banyuwangi Periode 2022/2023. Fieka Mahendry N. A. merasa senang dan bersyukur sekali karena sudah diberi kepercayaan oleh seluruh warga MAN 2 Banyuwangi untuk menjadi The Next Ketua OSIM di periode 2022/2023. Harapan Fieka Mahendry untuk OSIM periode 2022/2023 yaitu, “semoga menjadi organisasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semoga dapat lebih menumpuk tali persaudaraan antar sesama ORMAN dan semoga dapat menjadi organisasi yang dapat menjadikan lembaga MAN 2 Banyuwangi lebih baik kedepannya.” Ana Lutfia Karimah juga berpesan untuk warga MAN 2 banyuwangi yaitu, “ayo semangat dalam berorganisasi. Disini kita bersama-sama menimba ilmu untuk mempersiapkan diri kita bermasyarakat nantinya. Selain itu banyak sekali manfaat yang kan kita dapat salah satunya dapat membentuk individu yang berani, percaya diri dan masih banyak lagi”

Terakhir, mereka berdua mengucapkan banyak terima kasih kepada senior OSIM yang telah membimbing mereka sampai sekarang, bapak/ibu guru yang telah memilih mereka, juga teman- teman dan seluruh warga Mandawangi yang sudah memberikan kepercayaan kepada mereka untuk menjadi Ketua dan Wakil Ketua Osmandawangi.

Alya Eka Septi J. A. dan Akhmad Danu – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here