SIAPKAH KALIAN UCAPKAN GOOD BYE PADA PERUT BUNCIT

0
372

Berbicara soal penampilan, yang pasti kita menginginkan punya body atau bentuk tubuh yang ideal. Karena jika di pandang secara kasat mata tentu lebih menarik bagi sebagian orang. Kuncinya terletak pada tubuh bagian perut, jika kalian mempunyai perut yang rata, datar dan  berotot tentunya kita jadi lebih percaya diri namun sebaliknya jika kita memiliki perut yang buncit tak jarang juga kita merasa kurang percaya diri. Karena terdapat penumpukan lemak berlebih yang terjadi di area perut dalam bahasa kerennya bisa disebut dengan lemak visceral.

Hal inlah yang menjadikan kita mempunyai perut buncit. Karena kebiasaan buruk kita prihal pola makan yang apapun makanan yang ada baik itu berkalori tinggi atau mengandung lemak kita selalu lahap tanpa pilih-pilih. Cepat atau lambat dengan mempunyai pola makan yang seperti itu tanpa sadar lemak visceral semakin lama semakin tebal dan membuat perut kita semakin buncit. Efeknya bagi sebagian orang yang mempunyai perut buncit akan kurang pede dalam hal penampilan. Tidak hanya sebatas itu juga apabila mengenakan baju apapun akan terasa tidak nyaman dan rasanya kurang pantas dipakai.

Seperti apa sih seseorang bisa dikategorikan perutnya buncit? Langkah sederhana untuk bisa menentukan apakah kita memiliki perut buncit atau tidak dengan cara mengukur lingkar pinggang. Menurut konsultan kardiologis, dr. Sarah Clarke, jika pinggang seseorang lebih dari 102 cm untuk ukuran pria dan lebih dari 88 cm untuk wanita, maka seseorang tersebut memiliki lemak di perut berlebih dan beresiko tinggi memiliki beberapa penyakit berbahaya.

Selain berpengaruh terhadap penampilan, terlalu banyak lemak diperut juga bisa memungkinkan kita terkena berbagai macam masalah kesehatan atau penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan bahkan demensia.

Maka sebelum hal itu terjadi menimpa kita maka mulailah berusaha untuk merubahnya. Menyusutnya perut buncit memang paling efektif dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin, benar dan disiplin. Namun, langkah lain seperti mengatur pola makan dan mulai mengkonsumsi makanan tertentu bisa juga sangat berpengaruh dalam usaha meratakan perut buncit yang kita miliki. Jadi kunci utama untuk mengusir perut buncit adalah mulailah untuk makan-makanan yang sehat, olahraga, asupan kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang dibakar serta adanya motivasi diri.

Selanjutnya kita akan kupas lebih dalam hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk bisa merubah dari mempunyai perut buncit menjadi perut yang rata dan datar. Yang pertama mulailah untuk melakukan diet demi memiliki perut yang datar. Seperti halnya studi atau percobaan yang dilakukan oleh American Journal of clinical nutrition bahwasanya dengan melakukan diet terkontrol dengan kaya biji-bijian dapat memangkas lemak yang ada di pinggang. Dengan mengkonsumsi diet kaya biji-bijian dan termasuk juga dengan makanan kaya buah dan sayuran, susu rendah lemak tinggi protein, daging dan ikan maka terbukti kehilangan lemak perut lebih banyak dibandingkan dengan mereka memakan makanan olahan.

Memakan makanan olahan seperti contoh roti putih dan makanan manis justru malah memperburuk kesehatan. Karena berpotensi bisa mengakibatkan gula darah naik dan dapat meningkatkan respon insulin untuk lebih mudah menyimpan lemak. Malah sebaliknya jika mengkonsumsi makanan berupa biji-bijian ( tinggi serat ) membuat insulin lebih sensitif dan mengontrol kadar gula darah serta bisa mengurangi penumpukan lemak.

Sebagai contoh yang mudah dan simpel, apabila kita memakan beberapa sendok beras merah dibandingkan dengan memakan beberapa bungkus biskuit, yang terjadi adalah kita akan merasa lapar lebih cepat dengan memakan biskuit sedangkan beras merah dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Yang kedua kita bisa mengusir perut buncit dengan mulai untuk latihan. Latihan tidak hanya membantu untuk mengurangi lemak berlebih dalam tubuh tapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan dalam jangka panjang. Banyak dari sebagian orang fokus latihan hanya untuk melatih otot perut saja dengan tujuan menghilangkan lemak yang ada di area perut. Latihan yang sering di lakukan yaitu Crunch. Walaupun melakukan latihan crunch tiap hari ratusan bahkan ribuan tidak akan cukup membantu atau menjamin bahwa lemak yang ada di perut bakal hilang.

Lalu bagaimana cara latihan yang efektif, caranya adalah dengan melakukan latihan dengan berfokus melatih semua otot yang ada dalam tubuh kita tidak hanya otot perut saja yang dilatih. Latihan semua otot ini bisa dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Termasuk latihan beban dan latihan kardio. Hal ini jauh lebih efektif untuk mengusir timbunan lemak pada perut kita. Itulah tadi dua hal utama yang wajib kita coba dalam upaya mengusir lemak berlebih di area perut. Kunci sederhananya adalah dengan mengkombinasikan antara diet dan latihan atau aktivitas fisik. Dengan kata lain semakin banyak kita berolahraga semakin mudah tubuh anda dalam membakar lemak.

OLEH             : Lukman Hakim, S.Or (Guru Penjaskes MAN 2 Banyuwangi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini