Penulis : Danang Febrian Zurizal | Editor : Almaida Karisma Zuhura

News Mandawangi (23/03) – Marhaban ya Ramadhan. MAN 2 Banyuwangi adakan Tarhib Ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa/i MAN 2 Banyuwangi pada hari Selasa, 21 Maret 2023 untuk menyambut puasa ramadhan 1444 H.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Takmir Masjid At-Taawun MAN 2 Banyuwangi yang bekerjasama dengan beberapa Orman (Organisasi MAN) lainnya, serta bertujuan untuk mengasah kreativitas dan menggugah semangat menyambut Ramadhan dari dalam diri siswa/i MAN 2 Banyuwangi.

Beberapa hari sebelumnya, siswa/i Mandawangi diberitahukan untuk menyiapkan properti atau aksesoris yang akan kelas mereka gunakan ketika acara tersebut dilaksanakan. Akhirnya, mereka harus memutar otak dan mengandalkan kreativitas mereka untuk membuat aksesoris dan properti yang unik dan memenangkan lomba tarhib ramadhan itu. Selain itu, mereka juga harus menyiapkan poster yang berisi motivasi atau kata-kata bijak tentang ramadhan yang nantinya dicetak dan dibawa ketika pawai untuk ditampilkan di depan masyarakat umum.

Potret jajaran Duta Mandawangi yang ikut meramaikan pawai Tarhib Ramadhan (21/03)

Dikawal oleh pihak Humas polsek Genteng, rute yang ditempuh untuk pelaksanaan pawai ini dimulai dari Kampus MAN 2 Banyuwangi, kemudian ke arah selatan sampai perempatan polsek, setelah itu belok ke kiri sampai ke Conato Bakery lama, lalu belok ke kiri sampai ke Marina hotel kost, dan nantinya akan kembali lagi ke MAN 2 Banyuwangi.

Sepanjang perjalanan terdapat pos-pos yang akan diisi oleh beberapa juri yang menilai keterampilan dalam pawai tersebut mulai dari properti, kostum, dan aksesoris. Setiap kelas juga diharuskan untuk membunyikan yel-yel kreasi mereka ketika melewati pos untuk dinilai bagaimana kekompakan dan kreativitas mereka dalam menyusun yel-yel.

Setelah selesai berjalan-jalan, siswa/i MAN 2 Banyuwangi diberikan waktu untuk beristirahat selama beberapa jam dan kemudian mengikuti acara penutupan dan pengumuman pemenang di aula Maduwangi. Kelas-kelas yang berhasil memenangkan lomba pawai tarhib ramadhan antara lain yaitu kelas XI MIPA 3 (Juara 1), XI MIPA 2 (Juara 2) dan X-J (Juara 3).

Potret pemenang pawai tarhib ramadhan, dari kiri XI MIPA 3, XI MIPA 2, X-J (21/03)

Dengan banyak persiapan mulai dari penyusunan panitia, rundown acara, survei rute pawai, dan masih banyak lagi, acara pawai tarhib ramadhan berhasil digelar dan berhasil mendapatkan cukup banyak kesan positif. Namun tetap ada pro dan kontra dari acara tersebut.

Dewi Riadatul Badi’ah, selaku ketua pelaksana dari acara tersebut mengaku ada beberapa kesulitan yang ia dan panitia lainnya rasakan, salah satunya adalah mengondisikan siswa/i untuk selalu mengikuti serangkaian kegiatan dari pawai tarhib ramadhan itu. Namun kesulitan itu berhasil mereka tangani dan tidak mempengaruhi jalannya acara tersebut. Ia juga menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang terus berusaha bersama menyukseskan acara itu, dan tak lupa ia berterimakasih banyak kepada pihak Madrasah yang sudah menyetujui diselenggarakannya pawai tarhib ramadhan itu.

Terakhir, Dewi berharap semoga kedepannya ia masih bisa menjadi panitia untuk acara ini dan semoga di tahun berikutnya acara ini akan lebih meriah dan lebih sukses dari tahun sekarang.

Publisher : Danang Febrian Zurizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here