Penulis : Zhahrotus Shitta| Editor/Publisher : Aminatuz Zuhro

News Mandawangi (01/07/24) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, MAN 2 Banyuwangi menjadi tuan rumah pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Banyuwangi tahun 2024. KSM dilaksanakan selama 2 hari, mulai senin (01/07/24) hingga Selasa (0/07/24).

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sendiri merupakan sebuah kompetisi yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebaagai wahana membangun semangat kompetisi sains pada kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar pada tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengolaborasikan sains dengan konteks nilai-nilai agama Islam. KSM dibuka untuk siswa madrasah jenjang MI, MTs, dan MA se-Kabupaten Banyuwangi.

Bidang yang dilombakan dalam KSM ini juga sangat beragam. Untuk Madrasah Ibtida’iyah terdapat Matematika dan IPA, jenjang Madrasah Tsanawiyah bidang yang dilombakan adalah IPA, IPS, dan Matematika, dan jenjang Madrasah Aliyah bidang yang dilombakan adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Pembukaan KSM dilakukan via online pada pukul 07.00 WIB. Pada hari pertama (01/07/24) KSM diikuti oleh peserta jenjang Madrsah Aliyah yang dibagi menjadi 3 sesi. Pengerjaan soal bertempat pada laboratorium komputer MAN 2 Banyuwangi dan berjalan lancar. Pada hari kedua (02/07/24) KSM diikuti oleh peserta jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Diadakannya KSM diharapkan dapat menjadi ajang bagi siswa-siswi Madrasah di Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang sains serta dapat memotivasi untuk terus belajar dan berprestasi. Alan, selaku salah satu peserta KSM mengungkapkan bahwasanya persiapan untuk pelaksanaan KSM ini adalah melaksanakan bimbingan dengan guru mapel selama 2 minggu. Ia juga berharap dapat meraih juara pada KSM ini dan dapat mewakili madrasahnya untuk lanjut ke jenjang KSM provinsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini