Penulis : Zhahrotus Shitta | Editor/Publisher : Aminatuz Zuhro

News Mandawangi (18/06/24) – Dewan Ambalan Brawijaya adakan kegiatan pendidikan dan pelatihan Calon Dewan Ambalan tahun 2024 sekaligus serah terima jabatan kepengurusan Dewan Ambalan Brawijaya. Kegiatan tersebut berjalan selama tiga hari, mulai Jum’at, (14/06/24) s/d Minggu, (16/06/24) di Pantai Gumuk Kancil, Dusun Pancer, Pesanggaran.

Diklat tersebut bertujuan untuk melatih dan memberikan pengetahuan kepada Calon Dewan Ambalan agar kelak jika mereka telah resmi menjabat sebagai Dewan Ambalan Brawijaya mereka dapat menjalankan organisasi Dewan Ambalan Brawijaya dengan baik dan membawa nama baik Gugus Depan. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 31 peserta Calon Dewan Ambalan Brawijaya serta dipanitai oleh seluruh anggota Dewan Ambalan Brawijaya Masa Bakti 2023/2024.

Baca Juga : Memperingati Momen Hari Raya Idul Adha di MAN 2 Banyuwangi

Para peserta diklat wajib berkumpul di Madrasah pada pukul 05.30 WIB, yang kemudain dilanjut dengan check in peserta, sarapan pagi bersama, dan apel pemberangkatan. Apel pemberangkatan dilaksankan di depan ruang PTSP bersama dengan Waka Kurikulum, Bapak Syamsul Hadi, S,Pd. Setelah apel pemberangkatan, para peserta diarahkan untuk berbaris tertib untuk pemberangkatan pada pukul 07.00 WIB.

Sesampainya di Bumi Perkemahan, peserta diarahkan untuk segera membangun tenda dan merapikan barang-barang yang dibawa. Upacara pembukaan kegiatan Diklat Calon dewan Ambalan dilaksankan pada pukul 13.00 WIB yang dibuka oleh Kak Supriyono, S.IP. selaku Ka.Gudep PA Dewan Ambalan Brawijaya. Usai upacara pembukaan dilanjut dengan kegiatan-kegiatan lain seperti makan siang, pemberian materi, masak bersama, MCK, sholat ashar berjamaah, sholat maghrib berjamaah, makan malam, sholat isya’ berjamaah dan lain-lain.

Pada tengah malam dilakukan pengukuhan Calon Dewan Ambalan Masa Bakti 2024/2025 yang menjadi inti dari kegiatan diklat tersebut.

Pada hari kedua, Sabtu (15/06/24) dimulai dengan sholat shubuh berjamaah kemudian dilanjut membersihkan lingkungan Buper, masak bersama dan MCK. Setelah itu dilanjut dengan sarapan bersama sebelum melakukan penjelajahan alam. Sekitar pukul 07.00 peserta diklat diberangkatkan untuk melaksanakan perjari. Peserta diklat dibagi menjadi 3 regu dalam perjari tersebut. Mereka berjalan dengan semangat menyusuri jalan sekitar Buper sambil menyanyikan yel-yel serta sesekali menyapa masyarakat sekitar. Pada perjari tersebut setiap regu akan melewati 3 pos, dimana di setiap pos mereka akan mendapatkan ilmu, belajar rasa kebersamaan, kerjasama, dan kekompakan dalam tim.

Pada hari kedua juga dilaksanakan upacara api unggun. Tak hanya sebagai simbolik adanya suatu perkemahan, api unggun dapat membakar setiap semangat yang ada dalam setiap jiwa pramuka, api unggun menjadi tempat berkumpulnya jiwa dan raga setiap pramuka.

Hari ketiga, Minggu (18/06/24) dimulai dengan senam bersama di pinggir Pantai. Tak hanya peserta yang mengikuti senam tersebut, panitia dan Pembina juga ikut senam ria bersama-sama. Para peserta sangat bersemangat dan riang saat kegiatan senam berlangsung.

Setelah senam dilanjut dengan foto bersama, sarapan pagi, sapu jagat, dan upacara penutupan sekaligus serah terima jabatan Dewan Ambalan Brawijaya. Upacara berlangsung dengan hikmat sekaligus haru setelah dilaksanakan serah terima jabatan.

Calon Dewan Ambalan diminta untuk memegang bendera merah putih dan setelan leher di dada kanan sambil mengucapkan janji Tri Satya, kemudian dilanjut dengan prosesi adat yang menjadikan sah dan resmi menjadikan mereka penerus kepengurusan Dewan Ambalan Brawijaya Masa Bakti 2024/2025. “Dengan di serah terimakan jabatan serta diresmikannya kalian menjadi pengurus Dewan Ambalan Brawijaya Masa Bakti 2024/2025, maka berakhirnya kegiatan perkemahan ini. Semoga kalian yang menjadi pengurus yang amanah, dan bertanggung jawab serta dapat membanggakan Gugus Depan” Pesan Kak Supriyono.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini