Editor : Alya Eka Septi J.A | Publisher : Farikha Mahara Fatik

News Mandawangi – Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) kembali digelar. Seperti biasa kegiatan ini ditujukan untuk seluruh siswa dan siswi kelas X yang akan dipindahkan golongan dari golongan penggalang menuju ke golongan penegak. Tahun ini PTA mengusung tema “Zaman boleh berganti pramuka tetap lestari” dan dilaksanakan mulai tanggal 13 Agustus – 14 Agustus 2022.

Poster Penuh Semangat, Siswa dan Siswi kelas X ikuti PTA 2022

Banyak persiapan yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan acara ini, seperti mempersiapkan materi untuk PTA, mempersiapkan barang-barang, mempersiapkan mental, menbuat proposal dan membuat anggaran acara, dan sebagainya.

Dokumentasi Ketika Apel Pembukaan PTA by News Mandawangi (13/08)

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PTA tahun ini dilaksanakan selama 2 hari yang artinya para peserta PTA diwajibkan untuk menginap selama satu malam di lokasi PTA yaitu MAN 2 Banyuwangi. Itulah yang menambah keseruan PTA dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan banyak siswa dari kelas XI dan XII mengaku iri karena PTA yang mereka ikuti pada tahun-tahun yang lalu tidak bisa seseru ini dikarenakan pandemi Covid-19.

Pada hari pertama (13/08), PTA dimulai dengan check in dan dibuka dengan apel pembukaan. Pada apel pembukaan para peserta diberi beberapa amanat oleh Kepala Madrasah, Bapak Drs. H. Saeorji, M.ag.. Di dalam amanatnya Bapak Saeroji mengatakan bahwa setelah diselenggarakannya PTA ini semoga bisa mengukuhkan mental dan sifat kepemimpinan siswa dalam bidang apapun serta menumbuhkan semangat siswa dalam pramuka. Kemudian dilanjutkan dengan Pengenalan Pramuka MAN 2 Banyuwangi oleh Bapak Ahmad Rofi’i S.Pd.  Di dalam pengenalan tersebut, peserta PTA diceritakan serta dijelaskan mengenai histori pramuka yang ada di MAN 2 Banyuwangi. Usai kegiatan tersebut selesai, para peserta PTA digiring menuju ke masjid At-Ta’awun untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah dan dilanjutkan kultum samapai dengan sholat isya’ berjamaah. Setelah menunaikan ibadah sholat isya’ para peserta diberikan makan malam bersama lalu dikumpulkan di lapangan MAN 2 Banyuwangi untuk bersiap mengikuti upacara api unggun. Pada kegiatan ini banyak alumni MAN 2 Banyuwangi yang datang untuk melihat secara langsung keseruan upacara api unggun. Keseruan tersebut berlanjut di kegiatan pentas seni yang dilaksanakan di aula atas MAN 2 Banyuwangi seusai upacara api unggun. Perwakilan kelompok dari semua peserta diharuskan untuk menampilkan pentas seni kreasi mereka seperti menyanyi, berpuisi, berpidato, ataupun menari. Setelah itu, barulah mereka diperbolehkan untuk berlayar ke pulau kapuk alias tidur.

Dokumentasi Ketika Upacara Api Unggun di acara PTA (13/08)

Di hari kedua (14/08), ada kegiatan pemindahan golongan yang dilaksanakan sekitar pukul 2 pagi s.d pukul 4 pagi yang dipimpin oleh Dewan Ambalan dan beberapa pembina pramuka Mandawangi juga beberapa alumni DA tahun-tahun yang lalu. Seperti namanya, kegiatan tersebut bertujuan untuk memindahkan golongan penggalang menuju ke golongan penegak dan dilaksanakan secara sakral dengan semua lampu di MAN 2 Banyuwangi dimatikan kecuali beberapa tempat yang memang dilarang untuk dimatikan seperti ruang tata usaha, dan beberapa tempat lainnya. Pada kegiatan ini para peserta dituntun untuk mengucapkan janji yang harus ditepati ketika mereka menjadi penegak nanti. Usai kegiatan ini, para peserta dipersilahkan untuk melaksanakan sholat shubuh berjamaah di masjid At-Ta’awun. Kemudian para peserta disuruh untuk memakai baju olahraga dan berbaris di lapangan untuk bersiap melaksanakan senam bersama.

Dokumentasi Ketika Senam Pagi Bersama di Acara PTA (14/08)

Di kegiatan ini, para peserta dan para panitia bersemangat karena lagu senam yang asik dan gembira. Setelah senam, para peserta dipersilahkan untuk berganti baju pramuka lengkap dan membersihkan ruangan mereka, kemudian dituntun menuju ke aula atas untuk sarapan bersama. Usai sarapan, para peserta disuruh untuk berbaris di lapangan guna melaksanakan apel penutupan. Di apel penutupan, para peserta diberi amanat oleh Ibu Binti Mudakiroh, S.Pd. sebagai bekal ketika PTA selesai. Apel tersebut menjadi simbol bahwa PTA 2022 telah berakhir dan selesai. Setelah itu para peserta diperbolehkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing dan mengistirahatkan diri mereka.

Bapak Fitriyan Munawwir, selaku pembina Pramuka di MAN 2 Banyuwangi, mengatakan jika pada bulan November akan ada kemah akbar yang merupakan acara tahunan di MAN 2 Banyuwangi. “Sebelum kemah akbar besok, anak-anak akan diajari untuk mendirikan tenda dan akan dibagi menjadi kelompok sangga. Jika mereka tidak memperhatikan materi yang dibutuhkan untuk kemah akbar tersebut, maka saya yakin mereka akan kebingungan ketika kemah Akbar besok.”

Maka dari itu, Bapak Fitriyan Munawwir menyarankan kepada seluruh siswa dan siswi kelas X untuk selalu mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan memperhatikan materi dari setiap pertemuan. Karena materi-materi tersebut nantinya akan sangat berguna untuk tes SKU yang menjadi syarat untuk ikut kemah akbar di beberapa bulan yang akan datang.

Beliau juga berharap semoga anak-anak yang telah mengikuti PTA bisa semangat untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka di pertemuan-pertemuan yang akan datang, dikarenakan di setiap pertemuan akan ada materi yang sangat dibutuhkan oleh siswa dan siswi kelas X untuk mengikuti kemah akbar. Beliau juga mengucapkan selamat untuk peserta PTA yang pada hari Senin masih dapat mengikuti kegiatan pembelajaran, karena beberapa dari mereka  banyak yang  mengaku sakit karena kelelahan dan tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sebagaimana mestinya.

Danang Febrian Zurizal – News Mandawangi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini