Madrasah Riset, MAN 2 Banyuwangi Gelar Seminar Pelatihan Riset Bersama Institut Teknologi Bandung

Penulis : Zhahrotus Shitta | Editor/Publisher : Aminatuz Zuhro

News Mandawangi (13/09/24) – MAN 2 Banyuwangi telah ditetapkan sebagai madrasah riset sejak 2021. Untuk memenuhi kewajiban sebagai madrasah yang berfokus pada pengembangan kemampuan riset siswa, Mandawangi perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya perguruan tinggi yang telah lama berkecimpung dalam dunia penelitian.

Kali ini MAN 2 Banyuwangi berkesempatan mengadakan seminar pelatihan riset bersama Institut Teknologi Bandung. Seminar tersebut digelar pada Jum’at (13/09/24) di Aula Maduwangi yang diikuti oleh seluruh tim riset Mandawangi serta siswa/i yang mendaftar menjadi calon anggota tim riset Mandawangi. Seminar dilaksanakan secara online, melalui via zoom meeting. Seminar yang digelar secara daring ini menghadirkan pemateri dari ITB yang ahli di bidang riset. Peserta, baik anggota tim riset maupun calon anggota baru, mendapatkan pembekalan mengenai aplikasi ArcGIS (art maps) yang memudahkan dalam pengumpulan data sekunder penelitian. ArcGIS Pro mendukung visualisasi data; analisis lanjutan; dan pemeliharaan data otoritatif dalam bentuk 2D, 3D, dan 4D. ArcGIS ini memberikan kemudahan bagi siswa/i dalam melakukan pemetaan dan visualisasi data.

Dokumentasi zoom di Aula Maduwangi

Meskipun sempat terkendala oleh jaringan, seminar tetap berjalan lancar hingga selesai. Pemateri secara telaten memberikan arahan kepada seluruh siswa/i MAN 2 Banyuwangi mengenai cara menginstal hingga menggunakan aplikasi ArcGIS ini. Siswa/i juga sangat aktif dan serius dalam mengikuti serangkaian seminar ini, beberapa dari mereka juga mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan.

Sundari Lestari Ningsih, salah satu peserta seminar mengungkapkan bahwasanya seminar ini sanagt bermanfaat bagi anggota tim riset. “Pengenalan aplikasi yang digunakan untuk memperoleh data sekunder dari penelitian yang dilakukan membuat penelitian lebih murah dan lebih mudah untuk dilaksanakan dan data yang didapatkan tetap akurat, seminar yang dilaksanakan juga berjalan dengan seru, utamanya sang pemateri dalam menyampaikan dan menjawab pertanyaan kami dengan sangat jelas” ujar Sundari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *