Siswa-Siswi MAN 2 Banyuwangi Warnai Upacara HUT RI ke-79 dengan Semangat Nasionalisme

Berita98 Dilihat

News Mandawangi (17/08/24) – Segenap siswa/i dan guru MAN 2 Banyuwangi turut serta dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung di Lapangan RTH Maron, Kecamatan Genteng. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk penghormatan dan rasa cinta terhadap tanah air.

 

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dimulai pukul 08.00 WIB. Dengan semangat juang yang tinggi, para siswa/i beserta guru MAN 2 Banyuwangi mengikuti seluruh rangkaian upacara dengan khidmat. Mulai dari baris-berbaris, menyanyikan lagu kebangsaan, hingga prosesi pengibaran bendera merah putih. Upacara berlangsung dengan lancar serta Bapak Camat, Satriyo, S.Sos. MM. sebagai Inspektur Upacara.  Dalam upacara kali ini dilaksanakan dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Diharapkan  Kehadiran MAN 2 Banyuwangi dalam upacara ini semakin menambah semarak peringatan HUT RI di tingkat kecamatan. Di antara ribuan peserta upacara, siswa MAN 2 Banyuwangi tampak begitu menonjol dengan seragam yang rapi dan penuh semangat. Melalui partisipasi aktif dalam upacara ini, siswa MAN 2 Banyuwangi tidak hanya memperingati hari kemerdekaan, tetapi juga mempererat tali persaudaraan antar sesama pelajar.

Tidak hanya sebagai peserta, siswa MAN 2 Banyuwangi juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pendukung upacara. Sebanyak 8 siswa/i MAN 2 Banyuwangi juga berhasil menjadi perwakilan Paskibra dalam upacara ini, diantaranya:

  1. M. Zahid Mukhlisin(XI Soshum 4)
  2. Moch. Haikal Fatkhil Mubarak (XI Saintek 3)
  3. Restu Yudiansyah (XI Saintek 3)
  4. Ilham Yudiansyah (XI Saintek 5)
  5. Maulidya Rizki Sesa Wilaga (XI Saintek 3)
  6. Keysha Aura Aninda (XI IPS 1)
  7. Amanda Lubna XI MIPA 6
  8. Mutiara Anggun Nandini (X-C)

Sungguh suatu kebanggan bagi MAN 2 Banyuwangi siswa/i nya dapat menjadi perwakilan Paskibraka. Para anggota Paskibraka menjalani pelatihan intensif selama beberapa minggu. Pelatihan meliputi baris-berbaris, tata upacara, hingga pengibaran bendera. Pada hari H mereka tampil dengan sungguh-sungguh serta maksimal. Mereka juga membentuk pola 79 serta lingkaran yang melambangkan makna NKRI yang utuh. Diharapkan dengan adanya upacara kemerdekaan ini kita dapat terus memupuk jiwa nasionalisme, utamanya pemudai/i Indonesia.

Tidak hanya upacara pengibaran bendera merah putih, siswa/i MAN 2 Banyuwangi juga turut serta mengikuti upacara penurunan bendera merah putih. Upacara penurunan dilaksanakan pada pukul 14.30 WIB. Tidak jauh berbeda dengan upacara pengibaran, semangat dan antusias siswa/i Mandawangi juga terpancar kali ini. Mereka dengan tenang mengikuti serangkaian upacara penurunan. Keberhasilan pelaksanaan upacara penurunan bendera tidak lepas dari peran penting Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Dengan gerakan yang kompak dan penuh percaya diri, mereka berhasil membawa bendera merah putih turun dengan sempurna. Upacara berakhir pada pukul 16.00 WIB yang dilanjutkan dengan penampilan yel-yel oleh tim Paskibraka  dan sesi foto bersama. Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera hari ini berlangsung dengan lancar, kedepannya diharapkan dapat berjalan lebih baik dari tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *