Editor : Richa Dhakiya Wildani U. G. | Publisher : Oktavianous Mularamadhan

NEWS MANDAWANGI – Jumat (13/05/2022) salah satu siswa MAN 2 Banyuwangi yaitu Athalla Naufal Ariq dari XI IPS 1 memperoleh medali emas dalam Olimpiade Sejarah tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Smartstudent yang diikuti oleh peserta SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia. Ini merupakan olimpiade yang dilaksanakan secara online yaitu melalui media sosial Instagram Smartstudent.
Sebelum pelaksanaan olimpiade, terdapat tahapan pendaftaran atau registrasi yakni melalui google form yang disediakan. Pendaftaran untuk olimpiade ini dilaksanakan pada tanggal 16 April 2022 yang memiliki beberapa persyaratan, yakni harus mengikuti akun Instagram @Smartstudent, share brosur ke story, dan Tag 3 teman di kolom komentar. Setelah mengisi formulir pendaftaran peserta diarahkan ke WhatsApp Smartstudent untuk memberikan konfirmasi kepada panitia, jika telah memasuki grup informasi, peserta menunggu informasi lebih lanjut dari panitia.

Tabel Perolehan Peringkat, Athalla Naufal Ariq mendapatkan peringkat ke 36. (Dok. News Mandawangi)

Baca juga : Hebat! Siswi Mandawangi Meraih Medali Olimpiade FUSC 2022 Tingkat Nasional

Tahapan pelaksanaan pun dilakukan pada Selasa, 10 Mei 2022. Pengerjaan soal dilakukan pada situs e-learning yang telah disediakan panitia dan soal yang dikerjakan yakni 40 soal pilihan ganda dengan waktu 50 menit, menurut Athalla Naufal Ariq soal yang diberikan termasuk soal yang cukup mengasah pikiran pada saat mengerjakannya. Walaupun soal olimpiade ini cukup sulit tetapi Athalla Naufal Ariq bisa melewatinya dan bisa berjalan dengan lancar.

Persiapan yang dilakukan Athalla Naufal Ariq juga ada beberapa yaitu senantiasa belajar dengan mempelajari kisi – kisi yang diberikan panitia dan materi tentang sejarah. Walaupun belum maksimal, namun ia tetap semangat dalam mengerjakan soal yang telah diberikan. Olimpiade ini ia ikuti karena memang keinginan dari diri sendiri dan ingin mencari pengalaman yang lebih daripada sebelumnya.
Dan hari ini merupakan pengumuman dari Olimpiade Sejarah yang diadakan oleh Smartstudent dan hasil yang didapatkan sangat memuaskan, yakni mendapat medali emas dengan nilai yang cukup memuaskan.

Poster Apresiasi terhadap Athalla Naufal Ariq. (Wahyu Aldiansyah – News Mandawangi)

“Alhamdulillah saya tidak menduga kalau bakal masuk peringkat 36, padahal saya tidak berharap untuk menang tapi saya tetap besyukur atas apa yang diberikan. Dan untuk teman – teman tetap jaga protokol kesehatan dan jangan lupa memakai masker dimanapun kalian berada” pesan Athalla.

Sania Nikmatul Azizah – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here