Editor : Ana Lutfiah Karimah | Publisher : Oktavianous Mularamadhan

News Mandawangi – Tidak terasa kini kita semua sudah masuk ke tahun 2022. Di tahun ini, MAN 2 Banyuwangi kembali menggelar kegiatan Olimpiade MIPASA yang merupakan ajang kompetisi kemampuan siswa SMP/MTs pada bidang pelajaran MIPA, IPS, dan juga Agama. Kompetisi ini diikuti oleh peserta didik pada tingkat SMP/MTs Se-Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan MIPASA tahun ini mempunyai sedikit perbedaan dengan kegiatan MIPASA yang digelar di tahun-tahun sebelumnya. Teknik pelaksanaan babak penyisihan Olimpiade MIPASA tahun ini dilaksanakan secara online karna pandemi. Sedangkan untuk babak semifinal dan juga final diselenggarakan secara offline di Kampus MAN 2 Banyuwangi.

Seperti biasanya, pada Olimpiade MIPASA ini, ada beberapa materi yang dilombakan yang dikelompokkan dalam 3 bidang, yaitu :
⦁ Kelompok MIPA : Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi
⦁ Kelompok IPS : Sejarah, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi
⦁ Kelompok Agama : Qur’an Hadits, Fiqih, SKI, dan Aqidah Akhlak

Pendaftaran Olimpiade MIPASA 2022 ini sendiri dilaksanakan mulai tanggal 07 – 18 Februari 2022 secara online. Kemudian para peserta akan mengikuti babak penyisihan secara online pada tanggal 19 Februari 2022. Dan akhirnya para peserta yang lolos di babak penyisihan akan mengikuti semifinal dan final yang dilakukan secara offline di kampus MAN 2 Banyuwangi dengan tetap memakai protokol kesehatan.

Dari babak penyisihan yang dilakukan secara online tersebut, menghasilkan beberapa peserta dari masing-masing bidang lomba yang akan masuk ke dalam babak semifinal sebagai berikut :
⦁ Jurusan MIPA : 15 siswa
⦁ Jurusan IPS : 17 siswa
⦁ Jurusan Agama : 15 siswa

Acara puncak sekaligus pengumuman pemenang diselenggarakan semeriah mungkin dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara puncak digelar secara offline tepatnya di Aula bawah masjid at-Ta’awun MAN 2 Banyuwangi. Acara tersebut diikuti oleh seluruh peserta semifinal dan final yang telah bersusah payah dalam mengikuti babak penyisihan. Dan ini dia beberapa daftar pemenang Olimpiade MIPASA 2022 dari masing-masing bidang :

“Rasanya campur aduk, sih. Seneng juga karna ternyata saya bisa memenangkan kompetisi ini. Kesan saya, Olimpiade MIPASA itu asyik lombanya dan juga bisa berjalan dengan profesional. Untuk pesan dari saya sendiri yaitu tetap tingkatkan kualitas kerja etos dari kepanitiaan lomba ini agar kedepannya bisa lebih baik lagi.” Begitulah kesan dan pesan dari Dliyaul Haq Muhammad, salah satu peserta Olimpiade MIPASA dari SMP Bustanul Makmur di bidang Agama.

Banyak kesan baik yang diciptakan dari Olimpiade MIPASA tahun ini. Apalagi acara ini dilaksanakan di tengah-tengah pandemi. Banyak halangan dan rintangan untuk mempersiapkan kegiatan tersebut. Namun, dengan doa dan kerja keras para panitia yang menyelenggarakan kegiatan tersebut, akhirnya Olimpiade MIPASA 2022 dapat berjalan dengan lancar.


Danang Febrian Zurizal – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here