Editor : Richa Dhakiya Wildani U. G. | Publisher : Oktavianous Mularamadhan

NEWS MANDAWANGI – M. Afriza Fahmi Fazli alumni MAN 2 Banyuwangi angkatan 2021/2022 berhasil menyerobot Runner Up 1st dalam ajang Duta Lingkungan Jawa Timur 2022. Fahmi mengikuti ajang tesebut dengan memiliki motivasi yang sangat menakjubkan yakni, agar Kabupaten Banyuwangi dinobatkan sebagai daerah atau kabupaten wisata yang ada di Indonesia tepatnya di Jawa Timur yang pasti diiringi mobilitas masyarakat yang luar biasa dan tidak bisa juga terlepas dengan banyaknya isu lingkungan terutama sampah, sehingga sebagai generasi muda ia tergugah untuk berkontribusi mewujudkan lingkungan Kabupaten Banyuwangi dan yang lebih luas lagi yaitu Provinsi Jawa Timur bisa menjadi lebih baik lagi tentunya.
Perasaan bahagia tentu saja menghampiri Fahmi yang menyandang sebagai Runner Up 1st dalam ajang Duta Lingkungan Jawa Timur 2022. Ia sangat bahagia dan bersyukur karena dipercaya memegang amanah tersebut. Ada hal yang penting disiapkan oleh Fahmi sebelum mengikuti ajang tersebut, yakni mental dan tentunya ikhtiar serta doa.

Kegiatan penobatan Duta Lingkungan Jawa Timur 2022 pada (15/05) kemarin. (Dok. Oktavianous Mularamadhan)

Tahapan dalam Pemilihan Duta Lingkungan Jawa Timur 2022 ini diawali dengan pendaftaran yang dilaksanakan 2 gelombang, dan dijaring melalui seleksi berkas, selanjutnya peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tulis berbasis online, dan peserta yang dinyatakan layak dapat melanjutkan ke seleksi wawancara sebagai semifinalis yang dilaksanakan secara offline di Kota Surabaya, setelah itu ditunjuk 30 peserta terbaik untuk dijadikan finalis dalam Pemilihan Duta Lingkungan Jawa Timur 2022. Finalis akan melaksakan pra karantina secara online di via zoom, setelah itu karantina secara offline di Kabupaten Banyuwangi yakni bertempat di Hotel Slamet.
Saat karantina terdapat beberapa tes seperti halnya tes advokasi. Tes advokasi sendiri yaitu para finalis memaparkan program kerja melalui media PPT yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. Fahmi sendiri juga memiliki perencanaan program kerja yang menjadi unggulan dan fokus utama, yakni Hero Cilik yang dimana program ini adalah program kerja bersama seluruh keluarga besar Duta Lingkungan Jawa Timur yang nantinya akan membentuk sebuah komunitas dan merekrut generasi muda yang cinta dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan untuk menginfluence masyarakat luas untuk menjaga lingkungan disekitarnya. Tepat pada tanggal 15 Mei 2022 terlaksanakannya kegiatan penobatan Duta Lingkungan Jawa Timur 2022 secara offline di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.
Pemilihan Duta Lingkungan Jawa Timur ini memberikan kesan tersendiri untuk Fahmi, dimana ini adalah ajang pageant pertamanya dan alhamdulillah ia mendapat hasil yang sangat memuaskan, dan disana semua layaknya keluarga, mereka saling mensupport memberikan doa agar kegiatan yang dilaksanakan tersebut bisa berjalan secara maksimal sesuai dengan rencana dan harapan.
Fahmi sebagai Runner Up 1st Duta Lingkungan Jawa Timur 2022 memberikan pesan untuk kita semua. “Banyak hal dari lingkungan sekitar kita yang sudah kita manfaatkan dan kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, namun hal tersebut tidak diimbangi dengan pelestarian sumber daya alam, maka dari itu kita sebagai generasi muda untuk terus pro aktif dalam melakukan gerakan cinta lingkungan melalui berbagai gerakan agar kita dapat terus menikmati karunia Tuhan YME ini.” Ucapnya.
Nur Intan Kusuma Dewi – News Mandawangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here