Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyuwangi memulai kegiatan pada pagi hari ini selasa (22/10) dengan upacara dalam rangka hari santri nasional 2019 yg bertempat di lapangan MAN 2 Banyuwangi. Upacara ini diikuti oleh seluruh dewan guru, karyawan, dan siswa siswi MAN 2 BANYUWANGI dengan memakai pakaian ala santri. Uniknya siswa siswi MAN 2 BANYUWANGI memakai pakaian santri dan bersepatu yang jarang dilakukan oleh para santri. Upacara dipimpin oleh Bapak Drs. MOH ANWAR selaku kepala MAN 2 BANYUWANGI. dalam Upacara ini juga melantunkan sholawat dan mengucapkan ikrar santri.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Drs. Moh. Anwar menyampaikan hari ini kita memperingati hari Santri Nasional, sebuah peristiwa yang sangat penting dan bersejarah bagi bangsa indonesia yaitu dicetusnya resolusi jihad pada 22 Oktober yang oleh KH. HASYIM ASY'ARI pendiri Nadlatul Ulama. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan agar kita semua selalu ingat untuk meneladani semangat jihad para pendahulu kita, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara. Mengingatkan juga bahwa santri berperan aktif bagi Negara Republik Indonesia yaitu sebagai teladan anak anak kita dalam berbuat baik dan belajar dengan giat. 

Upacara pada hari ini, merupakan puncak kegiatan festival dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional MAN 2 Banyuwangi dengan harapan siswa siswi MAN 2 Banyuwangi dapat ikut serta dalam merasakan kehidupan para santri yg di kemas dalam kegiatan festival santri. serangkaian kegiatan festifal tersebut sudah dilakukan sejak dua hari lalu yang disi kegiatan berupa lomba Sholawat Kreasi, Video Orasi Hari Santri, dan Parade Santri. 

"Harapan saya semoga kegiatan ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme dari jiwa santri.Dan saya ingin pemimpin di masa depan memiliki jiwa santri yang membara , sangat disayangkan untuk anak kelas 12 karena tidak dapat mengikuti perlombaan karena kita difokuskan untuk persiapan UN, Semangat untuk anak kelas 12 semoga lolos SNMPTN ,Amin..! " Ujar Ni'mah kelas 12