Event Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)2019 kali ini menghadirkan 520 orang yang terdiri dari 120 peserta BEC,(90 dewasa dan 30 cilik) dan 400 orang yang terdiri dari penari ,sendratari,musik pengiring, dan talent kehormatan. Semuanya yang terpilih  telah melalui seleksi dengan baik. BEC 2019 telah menjadi jambatan dalam penyuguhan kesenian tradisional yang dihadirkan pada kehidupan midernisasi era digital saat ini sehingga menjadikanya mudah ditrima baik dalam skala nasional maupun manca negara. Salah satu contoh DIA LILIS KARLINA  ,Asal sekolah MAN 2 BANYUWANGI.

talent yang telah melakukan beberapa seleksi dan akhirnya lolos setelah itu mngikuti beberapa tahap persiapan  sampai pada hari puncak  acara yaitu tepat pada tanggal 27 juli 2019, ananda DIA LILIS KARLINA  dengan no urut 09 ,dari MAN 2 BANYUWANGI, dia ini mendapatkan sebuah apresiasi yang sangat besar diajang festival BEC ini , dia menggunakan kostum yang cukup unik ,dengan tema STINGGIL THE KINGDOM OF BLAMBANGAN , dengan  bernari,bergaya ,bersemngat , dan menunjukkan semua kemampuan dalam ber ekspresi didepan semua juri dan penonton yang kurang lebih mncapai ribuan penonton , dan berlomba menampilkan yang sebaik mungkin. 

Apresiasi yang diberikan oleh penonton membawa DIA LILIS KARLINA mendapatkan " JUARA FAVORIT 2 SUB TEMA STINGGIL THE KINGDOM OF BLAMBANGAN" dan ini membawa nama MAN 2 Banyuwangi menjadi Madrasah yang bukan hanya menanamkan nilai agama tetapi mengenalkan kepada siswa tentang arti sebuah budaya,  maka dari itu semoga kita sebagai anak muda" bangsa bisa terus mngenalkan beragam  budaya" kita , dan selalu mnunjukkan kekreatifitas, pemuda " terutama di wilayah Banyuwangi, jawa timur . (Dia/MIT.REDACTION) .