Pada Tanggal 10 Desember 2018 Perpustakaan Al-Ghozy MAN 2 Banyuwangi mengadakan acara  Workshop dan  Seminar Nasional “Karya Tulis Ilmiah dan Motivasi Literasi ” di MAN 2 Banyuwangi. Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kab. Banyuwangi yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha Dra. Hj Suciningsi, M.Pd.I. Kegiatan ini dibagi dalam acara yaitu Workshop Nasional dengan tema “Karya Tulis Ilmiah Guru dan Motivasi Literasi” untuk guru dan Acara Seminar Nasional dengan Tema “Literasi Mencerahkan dan Mencerdaskan” untuk pelajar.

Tujuan acara ini adalah berawal dari tour Nasional dalam Kegiatan Literasi Mencerahkan dan Mencerdaskan, dan untuk mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat umum bahwa pentingnya literasi dalam memajukan bangsa serta meningakatkan literasi dalam penggunaan kecanggihan teknologi atau internet sehingga penggunaan teknologi dapat bermanfaat bagi pengguna di kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang.  Pada kesempatan ini terdapat 3 point yang dipelajari. Point pertama yaitu kesadaran bahwa literasi sangat penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Point kedua yaitu perpustakan sangat berpengaruh dalam penggalakan literasi, karena dengan perpustakaan yang lengkap serta fasitilas yang memadai mempengaruhi minat baca dalam perpustakaan selain itu di zaman sekarang perpustakaan sudah berbasis teknologi modern, dalam penerapan fasilitas perpustakaan yang memadai diharapkan perpustakan mengenalkan kearifan budaya lokal atau daerah sehingga masyarakat dapat mengahadapi kuatnya pengaruh budaya asing di Indonesia. Point ketiga yaitu pentingnya menyusun karya tulis ilmiah dalam mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis, mempreroleh kepuasan intelektual serta memperluas cakrawala ilmu pengetahuan demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

Pemateri pertama untuk acara ini adalah Bapak Heri Hendrayana Harris atau yang lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong dari Tangerang, Banten. Beliau adalah pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Indonesia. Beliau seorang sastrawan nasional serta novelis besar bahkan tulisan-tulisannya telah dimuat di berbagai media massa dan terbit berupa buku. Buku terbarunya yang berjudul Balada Si Roy akan segera difilmkan.   

Pemateri kedua yaitu Yusron Aminulloh, M.M. dari Jombang. Beliau adalah Master Trainer MEP atau Menebar Energi Postif, sebuah lembaga yang bergerak  di bidang pelatihan SDM dan hingga saat ini telah melakukan training hampir di seluruh wilayah Indonesia. Beliau menghadiri berbagai undangan sebagai narasumber baik di lembaga dinas pemerintah, corporate, penguatan TBM (Taman Baca Masyarakat) dll.

Acara yang diadakan di MAN 2 Banyuwangi ini diikuti dari kalangan guru sebanyak  62 peserta dan kalangan siswa sebanyak 100 peserta. Acara ini didukung oleh Drs. H. Slamet M. H. I. Selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi dan H. Ahmad Syaiful, S.AP, S.I. Pust, sekaligus sebagai Narasumber.

Selain workshop dan seminar, di akhir acara juga dibagikan Doorprize berupa buku yang berjudul “Balada Si Roy, “Kata dan Api”  dan “The Gong Traveling” karya Gol A Gong kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri..

Salah satu penggalak literasi di daerah Banyuwangi yaitu Bapak Agus yang biasa dikenal Pak Asa turut mendukung acara Workshop dan Seminar Nasional di MAN 2 Banyuwangi. Beliau juga mengikuti rangkaian acara Workshop dan Seminar Nasional dengan memberikan beberapa motivasi dan berbagai DOORPRIZE kepada sebagian peserta. Serta dengan harapan acara ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia baik guru, siswa maupun masyarakat. (Duta perpustakaan/Editor : Admin)