22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional yang merupakan bentuk apresiasi Pemerintah terhadap jasa-jasa kalangan pesantren yang eksistensinya terbukti berkomitmen mengawal bangsa Indonesia. Serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2018. Tahun ini Hari Santri mengambil tema “Bersama Santri, Damailah Negeri”. Beberapa kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi. Sejak Sabtu, 20 Oktober 2018 telah dilaksanakan lomba Pembuatan film pendek, Baca dan membuat Puisi, Menulis Artikel, Movie Corner yang semuanya bertemakan Hari santri oleh Duta Perpustakaan MAN 2 Banyuwangi. Puncak acara peringatan hari santri dilaksanakan pada senin, 22 Oktober 2018 dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

  1. Upacara Hari Santri
  2. Sholat Dhuha dan Istighosah
  3. Santunan anak yatim
  4. Bhakti sosial
  5. Pengumuman dan Pembagian Hadiah lomba-lomba
  6. Kreasi seni islami (Hadrah, karawitan, musik religi, Pembacaan Puisi)
  7. Ceramah Agama

Selain itu, MAN 2 Banyuwangi juga turut berpartisipasi pada kegiatan peringatan hari santri di Kabupaten Banyuwangi antara lain pendelegasian grup Drum Band, Kirab Santri, Gerak Jalan kreatif ala santri, upacara hari santri, lomba film pendek, dan Istighosah.

Pada Upacara Hari Santri kali ini, Bapak Kepala MAN 2 Banyuwangi menyampaikan amanat Menteri Agama Republik Indonesia. “Hari Santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia. Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat”